Pohon damar (Agathis dammara (Lamb.) Rich.) adalah sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Damar menyebar di Maluku, Sulawesi, hingga ke Filipina (Palawan dan Samar). Di Jawa, tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Getah damar ini diolah untuk dijadikan kopal.



Pohon yang besar, tinggi hingga 65m, berbatang bulat silindris dengan diameter yang mencapai lebih dari 1,5 m. Pepagan luar keabu-abuan dengan sedikit kemerahan, mengelupas dalam keping-keping kecil.
Daun berbentuk jorong, 6–8 × 2–3 cm, meruncing ke arah ujung yang membundar. Runjung serbuk sari masak 4–6 × 1,2–1,4 cm; runjung biji masak berbentuk bulat telur, 9–10,5 × 7,5–9,5 cm.
Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl. Namun di Jawa, tumbuhan ini terutama ditanam di pegunungan.
Damar tumbuh secara alami di hutan hujan dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1.200 m dpl. Namun di Jawa, tumbuhan ini terutama ditanam di pegunungan.
Damar teristimewa ditanam untuk diambil resinnya, yang diolah menjadi kopal. Resin ini adalah getah yang keluar tatkala kulit (pepagan) atau kayu damar dilukai. Getah akan mengalir keluar dan membeku setelah kena udara beberapa waktu lamanya. Lama-kelamaan getah ini akan mengeras dan dapat dipanen; yang dikenal sebagai kopal sadapan. Getah juga diperoleh dari deposit damar yang terbentuk dari luka-luka alami, di atas atau di bawah tanah; jenis yang ini disebut kopal galian.
Pada masa lalu resin damar terutama dihasilkan dari tegakan-tegakan alam di Maluku dan Sulawesi. Kini kopal juga dihasilkan dari hutan-hutan tanaman Perhutani di Jawa.

Kayu damar berwarna keputih-putihan, tidak awet, dan tidak seberapa kuat. Di Bogor dan di Sulawesi Utara, kayu ini hanya dimanfaatkan sebagai papan yang digunakan di bawah atap. Kerapatan kayunya berkisar antara 380–660 kg/m kubik. Kayu damar diperdagangkan di Indonesia dengan nama kayu Agatis.
Pohon damar juga disukai sebagai tumbuhan peneduh taman dan tepi jalan (misalnya di sepanjang Jalan Dago, Bandung). Tajuknya tegak meninggi dengan percabangan yang tidak terlalu lebar.
Nama-nama lokal A. dammara di antaranya adalah damar rajakisi (Buru), salo (Ternate), dayungon (Samar). Juga ki damar (Sunda), dama, damaa, damah, damahu, rama, marama puti (aneka bahasa di Sulut), koano, kolano, moleauno (Halmahera), dan lain-lain.

Jual Pohon Damar | Pohon Pelindung | geraitanaman.blogspot.com
Pohon Damar (Aghatis Dammara) via. geraitanaman.id

Jual Pohon Damar | Pohon Pelindung | Pohon Aghatis Dammara | geraitanaman.blogspot.com
Pohon Damar (Aghatis Dammara) via. geraitanaman.id

Jual Pohon Damar | Pohon Pelindung | Pohon Aghatis Dammara | geraitanaman.blogspot.com
Pohon Damar (Aghatis Dammara) via. geraitanaman.id


Kami penjual beraneka Tanaman Taman, Rumput Taman serta Jasa Pembuatan maupun Renovasi Taman dll yang berkaitan dengan pertamanan.

Seperti :

Jasa Taman.
- Pembuatan Taman
- Renovasi Taman
- Pembuatan Taman Kering

Aneka Rumput
- Rumput Taman.
- Tanaman Bunga
- Tanaman Kerdil/Tanaman Border/Tanaman List
- Pohon Palem : Kurma, Sadeng, Ekor Tupai dll.
- Pohon Kamboja : Kamboja Fosil dan Non Fosil.
- Pohon Pelindung : Ketapang Kencana, Trembesi, Tabebuya dll.

Aneka kolam.
- Kolam Ikan
- Kolam Minimalis
- Relief
- Waterfall dll.

Aneka saung.
- Saung Bambu
- Saung Kayu Kelapa
- Saung Kayu/Balok

Aneka Bonsai.
- Bonsai Cemara Udang
- Bonsai Beringin Korea
- Bonsai Anting Putri
- Bonsai Melati Belanda
- Bonsai Pohon Serut


geraitanaman.blogspot.comUntuk pemesanan dapat menghubungi.
Rudi.
GERAI TANAMAN HIAS
site : geraitanaman.blogspot.com
E-mail : geraitanaman@gmail.com
Hp/WA : 085780096268